WAJAH BARU PELAYANAN PA PEMALANG
(pa-pemalang.go.id) Demi memberikan pelayanan yang baik, memudahkan, nyaman dan ramah kepada masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Pemalang telah merubah beberapa bagian di dalam gedungnya. Perubahan ini sekaligus menjadi misi PA Pemalang dalam melayani masyarakat berperkara, sehingga bagian tata laksana telah beberapa kali merenovasi ruang pelayanan agar lebih baik dan nyaman bagi masyarakat. Pelayanan tersebut diantaranya pelayanan informasi, meja pelayanan perkaradan ruang pendaftaran sidang beserta ruang tunggunya. Ketiga pelayanan tersebut, bertempat terpisah satu sama lain. Namun masih saling berkaitan dan memudahkan masyarakat.
‘Pada meja pelayanan perkara di PA Pemalang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pendaftaran perkara, kasir dan pengambilan akta cerai.Sebelumnya berkonsep meja loket. Kemudian direonovasi menjadi konsep meja terbuka dan indah. Saat direnovasi dari tiga bagian ini, bagian kasir dipindah ke sebelah barat pelayanan informasi sedangkan pendaftaran perkara dan pengambilan akta cerai masih satu tempat di sebelah timur pelayanan informasi. Namun setelah renovasi selesai, pelayanan kasir di pindah ke tempat semula yakni sebelah timur pelayanan informasi.’ Kata Nicke, yang merupakan petugas kasir.
Dalam pelayanan informasi dari dulu hingga sekarang masih tetap dibelakang lobi PA Pemalang. Namun dalam tata letaknya kini lebih baik dari sebelumnya. Bila dahulu pelayanan informasi menggunakan meja yang terdiri tiga bagian tanpa dilengkapi komputer, saat ini meja tersebut digunakan untuk pendaftaran sidang. Namun sekarang pelayanan informasi sudah dilengkapi dengan komputer dan konsep meja yang indah."Ujar Irsyadul Anwar yang merupakan bagian di meja pelayanan informasi. Di pelayanan informasi ini merupakan bagian penting untuk memberikan informasi. Maka petugas yang disini harus bisa mengetahui informasi yang sekiranya dibutuhkan masyarakat, agar nantinya bisa memberikan informasi yang benar. " Tambahnya". Selain itu, sebisa mungkin dapat melayani masyarakat dengan baik dan nyaman" Tutur Ade Nuryadin selaku petugas dipelayanan informasi.
Sementara itu, sebelumnya untuk pendaftaran sidang di pelayanan informasi kemudian menunggu diruang tunggu sidang untuk mendapatkan panggilan giliran sidang. Selain itu, sembari menunggu jatah giliran sidang mereka dapat menikmati taman yang ada diruang tunggu tersebut, tak ketinggalan disediakan tempat bermain bagi anak-anak dan masih belum ada pendingin udara. Akan tetapi semua itu masih belum efektif dan adanya taman membuat ruang tunggu menjadi sempit. Sehingga direnovasi hampir bersamaan dengan meja pelayanan perkara. Setelah direnovasi, kini ada meja pendaftaran nomor urut sidang sebelah ruang tunggu sidang dan fasilitas pendingin udara, sedangkan taman dihilangkan." ujar Nike.
Dari perubahan ketiga pelayanan ini, tanggapan masyarakat cukup baik. Menurut salah satu masyarakat yang mendaftar perkara yakni Laela Ayu dari Kelurahan Paduraksa. Mengatakan bahwa ini pertama kali saya datang ke PA Pemalang untuk mendaftarkan sebuah perkara. Awalnya saya sedikit bingung, namun sampai selesai pendaftaran saya merasa nyaman dalam pelayanan di PA Pemalang. Selain itu Kaniri dari Desa Peguyangan yang pada hari ini 20 Juli 2017 akan melaksanakan sidang ikrar talak ini, mengatakan bahwa awalnya saya mendaftarkan perkara di PA Pemalang ini masih pelayanan yang dulu, sekarang sudah ada perubahan yang baik. Terutama diruang tunggu sidang yang lebih luas dan nyaman.
Akhirnya, sebuah pelayanan masyarakat adalah hal mutlak diberikan kepada masyarakat dengan baik, nyaman, memudahkan dan ramah. Terlebih di Pengadilan Agama, khususnya di PA Pemalang. Adanya sebuah perbaikan dalam atribut pelayanan dan pendukung fasilitas lainnya di PA Pemalang diharapkan akan nampak indah serta bersikap ramah dan memudahkan akan membuat masyarakat nyaman.(yunimursalina/mira kd)