Informasi Tentang Jadawal persidangan diharapkan dapat memudahkan para pencari keadilan dalam mengikuti tahapan persidangan  Melalui sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) anda dapat memonitor  sampai dimana tahapan dan riwayat perkara.
 Fasilitas Untuk para pencari keadilan untuk bisa menaksir panjar sendiri saat ingin mendaftarkan guatan/permohonan di Pengadilan Agama Pemalang
SIWAS adalah aplikasi pengduan online yang di sediakan oleh BAWAS MA-RI untuk para pihak bisa mengadukan segala bentuk pelanggaran oknum pengadilan.
Layanan Pendaftaran perkara,pembayaran,serta pemanggilan yang di lakukan secaraonline.(saat ini hanya baru bisa digunakan oleh Advokat yg sudah terdaftar)
Survei kepuasan masyarakat/para pencari keadilan sebagai bahan evaluasi Pengadilan Agama Pemalang untuk memberikan pelayanan prima dan putusan berkualitas

Written by Tubagus Arief Gunawan on . Hits: 66

Verzet adalah Perlawanan Tergugat atas Putusan yang dijatuhkan secara Verstek.

 Tenggang Waktu untuk mengajukan Verzet/Perlawanan :1.Dalam waktu 14 hari setelah putusan diberitahukan (Pasal 129 (2) HIR).2.Sampai hari ke 8 setelah teguran seperti dimaksud Pasal 196 HIR; apabila yang ditegur itu datang menghadap.3.Kalau tidak datang waktu ditegur sampai hari ke 8 setelah eksekutarial (pasal 129 HIR). (Retno Wulan SH. hal 26). 

Perlawanan terhadap Verstek, bukan perkara baruPerlawanan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah dengan gugatan semula. Oleh karena itu, perlawanan bukan gugatan atau perkara baru, tetapi tiada lain merupakan bantahan yang ditujukan kepada ketidakbenaran dalil gugatan, dengan alasan putusan verstek yang dijatuhkan, keliru dan tidak benar. Putusan MA No. 494K/Pdt/1983 mengatakan dalam proses verzet atas verstek, pelawan tetap berkedudukan sebagai tergugat dan terlawan sebagai Penggugat (Yahya Harahap, Hukum acara Perdata, hal. 407). 

Pemeriksaan Perlawanan (Verzet)A.Pemeriksaan berdasarkan gugatan semula. Dalam Putusan MA No. 938K/Pdt/1986, terdapat pertimbangan sebagai berikut:-Substansi verzet terhadap putusan verstek, harus ditujukan kepada isi pertimbangan putusan dan dalil gugatan terlawan/penggugat asal.-Verzet yang hanya mempermasalahkan alasan ketidakhadiran pelawan/tergugat asal menghadiri persidangan, tidak relevan, karena forum untuk memperdebatkan masalah itu sudah dilampaui.Putusan verzet yang hanya mempertimbangkan masalah sah atau tidak ketidakhadiran tergugat memenuhi panggilan sidang adalah keliru. Sekiranya pelawan hanya mengajukan alasan verzet tentang masalah keabsahan atas ketidakhadiran tergugat memenuhi panggilan, Pengadilan yang memeriksa verzet harus memeriksa kembali gugatan semula, karena dengan adanya verzet, putusan verstek mentah kembali, dan perkara harus diperiksa sejak semula.

B.Surat Perlawanan sebagai jawaban tergugat terhadap dalil gugatan. Berdasarkan Pasal 129 ayat (3) HIR, perlawanan diajukan dan diperiksa dengan acara biasa yang berlaku untuk acara perdata. Dengan begitu, kedudukan pelawan sama dengan tergugat. Berarti surat perlawanan yang diajukan dan disampaikan kepada PA, pada hakikatnya sama dengan surat jawaban yang digariskan Pasal 121 ayat (2) HIR. Kualitas surat perlawanan sebagai jawaban dalam proses verzet dianggap sebagai jawaban pada sidang pertama. (Yahya Harahap,Hukum acara Perdata, hal 409-410).

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.18 Multoharjo Kabupaten Pemalang

Tlp:(0284)324567 | Fax:(0284)321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright© 2019 IT Pengadilan Agama Pemalang by adiwskt212/AAD2019
Jl.Sulawesi No.18 Kabupaten Pemalang Kode Pos 52313 Jawa Tengah
Telp (0284)324567 Fax. (0284) 321178