Informasi Tentang Jadawal persidangan diharapkan dapat memudahkan para pencari keadilan dalam mengikuti tahapan persidangan  Melalui sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) anda dapat memonitor  sampai dimana tahapan dan riwayat perkara.
 Fasilitas Untuk para pencari keadilan untuk bisa menaksir panjar sendiri saat ingin mendaftarkan guatan/permohonan di Pengadilan Agama Pemalang
SIWAS adalah aplikasi pengduan online yang di sediakan oleh BAWAS MA-RI untuk para pihak bisa mengadukan segala bentuk pelanggaran oknum pengadilan.
Layanan Pendaftaran perkara,pembayaran,serta pemanggilan yang di lakukan secaraonline.(saat ini hanya baru bisa digunakan oleh Advokat yg sudah terdaftar)
Survei kepuasan masyarakat/para pencari keadilan sebagai bahan evaluasi Pengadilan Agama Pemalang untuk memberikan pelayanan prima dan putusan berkualitas

Written by LIKHIT ARI PRABOWO on . Hits: 57

Hak Masyarakat Pencari Keadilan Untuk Mendapatkan Biaya Cuma-Cuma (Prodeo)

Berdasarkan Undang-Undang No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum,  Pasal 1 (1) dinyatakan bahwa Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum. Sedangkan dalam  Peraturan Mahkamah Agung RI No 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan yang merupakan revisi dari Surat Edaran Mahkamah Agung RI No 10 tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum, ditujukan untuk memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan meliputi Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Posbakum Pengadilan di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara. Pasal 1 (1).

Bantuan hukum tersebut meliputi menjalankan kuasa, mendampingi, mewakili, membela, dan/atau melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum Penerima Bantuan Hukum, yang bertujuan untuk :

1.   Menjamin dan memenuhi hak bagi Penerima Bantuan Hukum untuk mendapatkan akses keadilan.
2.   Mewujudkan hak konstitusional segala warga Negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum.
3.   Menjamin kepastian penyelenggaraan Bantuan Hukum dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Negara Indonesia.
4.   Mewujudkan peradilan yang efektif, efisisen, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pasal 25 SEMA No 10 Tahun 2010, bahwa jasa bantuan hukum yang dapat diberikan oleh Pos Bantuan Hukum berupa pemberian informasi, konsultasi, dan advis serta penyediaan Advokat pendamping secara Cuma-Cuma untuk membela kepentingan Tersangka/Terdakwa dalam hal Terdakwa tidak mampu membiayai sendiri penasihat hukumnya. Untuk lebih jelasnya anda dapat download peraturan peraturan di bawah ini

  • UU No 16 Tahun 2011
  • PERMA No 1 Tahun 2014
  • SEMA No 10 Tahun 2010

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.18 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang

Tlp:(0284)324567 | Fax:(0284)321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright© 2019 IT Pengadilan Agama Pemalang by adiwskt212/AAD2019
Jl.Sulawesi No.18 Kabupaten Pemalang Kode Pos 52313 Jawa Tengah
Telp (0284)324567 Fax. (0284) 321178