SIWAS

"Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
SIWAS

Tutorial

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial

ecourt

E-COURT e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
ecourt

Written by EYK on . Hits: 828

SPIRITUALITAS PASKA RAMADHAN

Oleh: Drs. H. Abd. Salam, S.H. M.H.

(Wakil Ketua PA Mataram)

Jika Islam diibaratkan sebuah pohon, maka akarnya adalah tauhid (akidah). Batangnya adalah syariah. Ranting dan dahannya adalah muamalah. Dari situ akan muncul buah yang bernama akhlak. Konsep metaforis Islam sebagai pohon, dari akar, batang, dahan, ranting dan buah itu merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisahkan. Begitulah metafora yang agaknya mudah difahami dalam menggambarkan agama kita ini.

Islam bukan pohan yang tanpa buah. Dalam Al-Qur-an disebutnya sebagai “ka syajaratin zaitunatin la syarqiyah wala gharbiyah”. Ia adalah pohon yang menaungi siapa saja yang membutuhkan tempat berteduh yang membuat orang yang memandangnya tampak indah mempesona sekaligus bisa menyajikan buah yang ranum menarik hati, karena yang kelihatan itu pada buahnya. Singkatnya ada dua aspek yang menjadi tolok ukur keindahan Islam, yaitu ibadah dan akhlak.

Ibadah adalah serangkaian ritual ‘ubudiyah yang ditujukan kepada Allah SWT bersumber pada nash yang tegas (sharih) baik dari Al-Qur-an maupun As-Sunnah. Sedangkan akhlak adalah buah dari penanaman nilai-nilai dalam ritual ‘ubudiyah yang membentuk karakter seorang muslim. Al-Ghazali mengatakan ‘ubudiyah hakikatnya berfungsi sebagai madrasah pembentukkan akhlak manusia yang dalam Al-Qur-an berkali-kali disebut “la’allakum tattaquun”. Taqwa atau norangnya disebut muttaqiin adalah personifikasi dari manusia yang berkarakter dan kepribadian paripurna. Sejumlah ayat Al-Qur-an menyebutkan beberapa karakteristik muttaqin, antara lain dermawan, sabar tidak mudah marah, mudah memberi dan minta ma’af dan lain-lain. Bersikap dan berbuat adil adalah pertanda orang yang bertaqwa. Allah menyatakan “I’diluu huwa aqrabu li at-taqwa”.  

Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami 📡

 

Pengadilan Agama Pemalang kelas IA

Jalan Sulawesi No. 9A, Mulyoharjo, Pemalang, 52313

Telpon ☎: (0284) 324567 | Fax: (0284) 321178

Email ✉:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Web 📤