header3

SIWAS

"Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.

Ekonomi Syariah

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

E court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.

SIPP

Aplikasi SIPP
Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

previous arrow
next arrow
Slider

on . Hits: 26

AUDIENSI DAN SOSIALISASI KEWENANGAN PA PEMALANG

OLEH GOW KABUPATEN PEMALANG

DSC 0127

DSC 0090

pa-pemalang.go.id.Pengadilan Agama Pemalang memberikan sosialisasi kewenangan Pengadilan Agama kepada organisasi-organisasi wanita se-Kabupaten Pemalang yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan termasuk didalamnya Dharmayukti Karini Cabang Pemalang pada hari Jum’at, 20 Desember 2019, bertempat di ruang sidang utama PA Pemalang.

Dra.Hj.Nurlatifah Abdul Ghofur sebagai wakil Ketua DYK Cabang Pemalang mengucapkan selamat datang terima kasih atas audiensi dari GOW mengenai kewenangan PA Pemalang, semoga acara ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kewenangan Pengadilan Agama Pemalang.

Ketua GOW Dra. Hj. Amiroh, M.Ag menyampaikan terima kasih kepada ketua PA Pemalang dan DYK Cabang Pemalang yang telah memberikan kesempatan kepada GOW untuk belajar mengetahui dan mengenal kewenangan Pengadilan Agama Pemalang. Hal ini sangat penting bagi kami sebagai gerakan perempuan yang tergabung dalam GOW untuk berperan aktif di masyarakat.

DSC 0114

Dalam sosialisasi ini, Ketua PA Pemalang Dr.Drs.H.Abdul Ghofur, S.H, M.H secara langsung memberikan materi tentang kewenangan PA Pemalang secara rinci dari mulai kewenangan kompetensi, absolut dan relatif, hingga sidang keliling dan Pelayanan terpadu sidang itsbat nikah dan syarat-syarat administrasi dalam berperkara di Pengadilan Agama.

Selain itu, pemaparan lebih ditekankan pada perkara dispensasi nikah dimana pernikahan anak di Indonesia menurut data dari tahun 2011 hingga 2018 semakin meningkat. Hal ini  banyak faktor yang mempengaruhinya. Disamping itu, adanya bahaya dalam perkawinan anak diantaranya pendeknya usia pendidikan, kematian ibu dan anak, meningkatnya angka perceraian, bertambahnya penduduk dan menurunnya kualitas hidup.”Ujar Ketua PA Pemalang’’.

DSC 0104

Namun kini usia minimum menikah dari semula perempuan usia 16 tahun dan laki-laki 19 tahun kini baik laki-laki maupun perempuan adalah 19 tahun. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 perubahan dari Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Usia minimum anak menikah yang berlaku sekarang ini di masyarakat belum familiar, maka ini menjadi tugas kita bersama termasuk ibu-ibu yang tergabung dalam GOW diharapkan ikut andil mensosialisasikan dan memberikan arahan tentang bahaya pernikahan anak”tambahnya”

Di penghujung acara para peserta diberikan sesi tanya jawab, nampak para peserta antuasiasme melontarkan pertanyaan pada narasumber. Kemudian ketua GOW didampingi Ketua DYK Cabang Pemalang memberikan cindera mata kepada Ketua PA Pemalang dan berswafoto bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.9a Mulyoharjo Kabupaten Pemalang

☎ Tlp:(0284) 324567 | Fax:(0284) 321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.