header3

SIWAS

"Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.

Ekonomi Syariah

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

E court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.

SIPP

Aplikasi SIPP
Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

previous arrow
next arrow
Slider

on . Hits: 22

PA  PEMALANG  SOSIALISASI PERMA NO.1 TAHUN 2019

PADA KALANGAN ADVOKAT DAN LBH

DSC 0086

pa-pemalang.go.id. Ketua PA Pemalang secara resmi membuka acara sosialisasi PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik yang diselenggarakan di ruang sidang utama PA Pemalang, pada hari rabu, 18 Desember 2019 diikuti oleh para Hakim, pejabat struktural / fungsional, karyawan-karyawati PA Pemalang dan kalangan Advokat & LBH sekitar wilayah PA Pemalang serta turut hadir pimpinan Bank Mandiri Syari’ah (BSM) Cabang Pemalang.

DSC 0069DSC 0060

Dalam kata sambutannya Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H, M.H mengatakan bahwa Perma No 1 Tahun 2019 ini merupakan pengganti dari Perma No 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik atau yang akrab kita kenal dengan nama Elektronik-Court (E-Court). Di Pengadilan Agama Pemalang sendiri telah banyak yang menggunakan pendaftaran perkara secara E-Court. “Jelasnya”

Dalam acara sosialisasi ini Ketua PA Pemalang menjadi narasumber utama, sedangkan  Drs. M. Sakdulloh salah satu Hakim PA Pemalang menjelaskan teknis berperkara secara elektronik dan pimpinan atau perwakilan dari bank Mandiri Syari’ah Cabang Pemalang memaparkan tentang pembayaran perkara secara E-Court.

Dijelaskan dalam pemaparannya bahwa inti dari Perma No 1 Tahun 2019 ini sebagai terobosan dan pelengkap dari peraturan sebelumnya Perma No 3 Tahun 2018. Dimana dalam Perma terbaru ini yang dapat berperkara secara elektronik lebih luas yang terbagi ke dalam dua pengguna yakni pengguna terdaftar (Advokat) dan pengguna lain (Jaksa, biro hukum pemerintah/TNI/POLRI, Kuasa Insidentil).  Untuk pembayaran masih tetap secara elektronik menggunakan (BSM). Selain itu, dalam rangkaian persidangan secara elektronik dapat dilakukan atas persetujuan Penggugat/Pemohon, termasuk dalam pemanggilan Penggugat/Pemohon secara elektronik tanpa dikenakan biaya dan pemberitahuan salinan putusan pun secara elektronik” Ujar Ketua PA Pemalang’’

Perma No 1 Tahun 2019 ini berlaku di Pengadilan tingkat pertama yakni Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama/Mahkamah Syari’ah, Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Adanya Perma ini memudahkan para pencari keadilan dari proses pendaftaran hingga putus secara mudah, murah, efektif dan efisien.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.9a Mulyoharjo Kabupaten Pemalang

☎ Tlp:(0284) 324567 | Fax:(0284) 321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.