hd

SIWAS

"Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
SIWAS
20190316152043 20190316153006 20190316152557 20190316153348 20190316155222


on . Hits: 47

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN

SEKRETARIS BARU PA PEMALANG 2019

DSC 0026

Pemalang, 11 September 2019, Ketua PA Pemalang melantik dan mengambil sumpah sekretaris baru PA Pemalang. Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB yang bertempat di ruang sidang utama PA Pemalang yang dihadiri oleh Ketua PA Pemalang, Wakil Ketua PA Pemalang, pejabat struktural dan fungsional PA Pemalang, Ketua Dharmayukti Karini PA Pemalang, Calon Hakim (Cakim), karyawan dan karyawati PA Pemalang, serta Ketua PA se-korwil Pekalongan dan rombongan PA Brebes yang menghantarkan Mulyatun, S.H yang akan dilantik menjadi sekretaris baru PA Pemalang.

Sebelum prosesi pelantikan dimulai, maka demi lancarnya diawali dengan berdo’a bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Ma’sum, S.H, M.H selaku hakim PA Pemalang. Adapun Sekretaris PA Pemalang baru yang akan dilantik ialah mutasi dari PA Brebes dengan jabatan yang sama. Sedangkan sekretaris lama PA Pemalang Sayadi, S.H, M.H yang kini mutasi ke PA Slawi.

Kemudian dibacakan surat keputusan oleh Agung Wibowo, S.Kom (Kasubbag Umum dan Keuangan) PA Pemalang dilanjutkan prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan sekretaris yang bertindak melantik adalah Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H, M.H selaku Ketua PA Pemalang, sebagai saksi adalah Drs. H. Ramlan Marzuki, S.H, M.H dan              Drs. H. Dadang Karim, M,H selaku Hakim PA Pemalang dan sebagai rohaniawan adalah Slamet, S.Ag, M.H (Kasubbag PTIP) PA Pemalang. Setelah prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan selesai, Mulyatun, S.H yang dilantik sebagai Sekretaris baru PA Pemalang membacakan fakta integritas sebagai komitmen jabatan baru di PA Pemalang. Kemudian iringan musik Padamu Negeri mengisi seruangan sidang utama menambah suasana semakin khidmat.

DSC 0009

DSC 0065

Dalam kesempatan sambutan perkenalannya Mulyatun, S.H menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua PA Pemalang yang telah melantiknya dan sebelumnya diakhir 2015 beliau juga yang melepas beliau dari jabatan Sekretaris PA Pemalang ke PA Brebes. Ucapan terima kasih kepada Ketua PA Brebes beserta rombongan yang telah menghantarkan saya dalam pelantikan ini. Selanjutnya beliau memperkenalkan diri dari mulai nama, alamat asal, tempat tinggal dan jenjang karirnya di Pengadilan Agaman sudah 22 tahun. 

DSC 0062

DSC 0065

“Beliau mengaku dulu pernah di PA Pemalang sebagai Sekretaris PA Pemalang di akhir 2015 mutasi ke PA Brebes lalu tahun 2019 kembali ke PA Pemalang sebagai Sekretaris PA Pemalang kembali, tentu sudah banyak yang saya kenal dan ada beberapa wajah baru dan kondisi baru PA Pemalang. Adapun tugas dinas baik di PA Brebes maupun PA Pemalang saya merasa senang untuk menjalaninya, terlebih di PA Pemalang yang menjadikan jarak rumah ke kantor menjadi dekat. Semoga kita bisa saling bekerja sama untuk kemajuan PA Pemalang.” Tuturnya.

Kemudian Ketua PA Pemalang menyampaikan sambutannya mengucapkan selamat datang kembali dan sukses kepada Mulyatun, S.H sebagai Sekretaris baru PA Pemalang, dimana sebelumnya telah menjabat sebagai Sekretaris di PA Pemalang dan kembali ke PA Pemalang dengan jabatan yang sama. Kemudian ucapan terima kasih kepada Ketua PA Brebes yang telah menghantarkan Mulyatun, S.H ke PA Pemalang dan tamu undangan Se-korwil Pekalongan.

Dalam sambutannya ada beberapa hal yang beliau sampaikan diantaranya posisi sekretaris adalah sangat vital bagi pengadilan Agama Pemalang khususnya, dimana  kedudukan sekretaris sebagai salah satu unsur pimpinan pengadilan disamping Ketua, Wakil Ketua dan Panitera. Hal ini sesuai dengan Perma Nomor 7 tahun 2015.

Posisi dan peran Sekretaris Pengadilan Agama sangat vital dan strategis menurut Perma tersebut ada beberapa poin dan menurutnya ada 5 poin yang paling utama yaitu:

  1. sebagai “nyawa” pengadilan, karena terkait dengan nasib dan nyawa para pegawai
  2. sebagai manager bagian rumah tangga dan kesekretariatan
  3. sebagai supporting unit pengadilan, karena sebagai “official” sebuah kontingen
  4. sebagai penentu penampilan sebuah pengadilan
  5. sebagai administrator pengadilan modern berbasis IT

“Selain itu, tanggung jawab lainnya mengkondisikan dan menjaga kondisifitas kantor (antara pegawai dan pimpinan) sebagaimana filosofinya seperti lagu “ Disini Senang Disana Senang di Mana-Mana Hatiku Senang” yang maknanya harus dapat mengkondisikan kantor dengan sedemikian rupa agar suasana kantor menyenangkan, seperti berangkatnya senang pulangnya senang. Hal ini diharapkan menjadi kultur seperti 3S (Senyum, Salam dan Sapa) dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Sekretaris  juga harus peduli pada bawahan, harmonis, sinergis dan bisa komunikatif baik internal maupun eksternal, juga harus memiliki inisiatif dan inovatif. Terakhir, bekerjalah diatas standartd jangan biasa-biasa saja tapi luar biasa. Semoga Sekretaris yang baru ini dapat menjadikan PA Pemalang yang lebih maju ” katanya.

Acara ditutup dengan memberi ucapan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik dan dilanjutkan foto bersama di dalam ruang sidang utama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.18 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang

Tlp:(0284)324567 | Fax:(0284)321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.