Informasi Tentang Jadawal persidangan diharapkan dapat memudahkan para pencari keadilan dalam mengikuti tahapan persidangan  Melalui sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) anda dapat memonitor  sampai dimana tahapan dan riwayat perkara.
 Fasilitas Untuk para pencari keadilan untuk bisa menaksir panjar sendiri saat ingin mendaftarkan guatan/permohonan di Pengadilan Agama Pemalang
SIWAS adalah aplikasi pengduan online yang di sediakan oleh BAWAS MA-RI untuk para pihak bisa mengadukan segala bentuk pelanggaran oknum pengadilan.
Layanan Pendaftaran perkara,pembayaran,serta pemanggilan yang di lakukan secaraonline.(saat ini hanya baru bisa digunakan oleh Advokat yg sudah terdaftar)
Survei kepuasan masyarakat/para pencari keadilan sebagai bahan evaluasi Pengadilan Agama Pemalang untuk memberikan pelayanan prima dan putusan berkualitas

on . Hits: 27

UJIAN TERBUKA (PROMOSI DOKTOR)

Drs.ABDUL GHOFUR,S.H.,M.H

1Yogyakarta,18 Mei 2019. Bertempat di Auditorium Fakultas Hukum Program Doktor UII Yogyakarta berlangsung Ujian Terbuka (Promosi Doktor) Promovendus Drs.Abdul Ghofur,S.H.,M.H dengan disertasi berjudul“Perlindungan Hukum Terhadap Anak Akibat Perceraian (Hadhanah) Pada Pengadilan Agama Di Indonesia”.Dewan Penguji terdiri dari Fathul Wahid,ST.,M.Sc.,Ph.D(Ketua Sidang – Rektor UII),Prof.Jawahir Thontowi,S.H.,Ph.D (Ketua Program Studi), Prof.Dr.Abdul Manan,S.H.,S.IP.,M.Hum (Promotor), Dr.Abdul Jamil,S.H.,M.H (Co Promotor), Prof.Dr.Abdul Ghofur Anshori,S.H.,M.H( Anggota Penguji), Prof.Dr.Syamsul Anwar,M.A (Anggota Penguji),Prof.Dr.Khoirudin Nasution(Anggota Penguji),Dr.Drs.Rohidin,S.H.,M.Ag(Anggota Penguji).

2Dalam presentasi dihadapan Tim Penguji,Drs.Abdul Ghofur,S.H.,M.H memaparkan bahwa kepastian hukum bagi anak akibat perceraian masih belum optimal.Hal ini disebabkan karena tiga hal yaitu Substansi hukum, Struktur hukum dan budaya hukum. Dari sisisubstansi hukum terlihat dalam pasal 66 ayat 5 danpasal 86 ayat 1 Undang-UndangNomor 7 Tahun 1989 tentangPeradilan Agama, dimana penguasaan anak dan nafkah anakdalam sebuah gugatan perceraian masih bersifat opsional.

3Kelemahan dalam struktur hokum terlihat dari kinerja mediator yang kurang maksimal dalam melaksanakan mediasi perkara perceraian bermuatan hadhanah.Sementara dariaspek budaya hokum dipengaruhi oleh budaya hokum advokat dan budaya hokum hakim.Sehingga solusi yang beliau tawarkan adalah konsep konstruksi ideal perlindungan hokum terhadap anak akibat perceraian, diarahkan agar penyelesaian perkara perceraian menjamin kepastian hukum, bersifat komprehensif, dan tidak melanggar azas ultra petitamelaluisubstansihukum, strukturhukumdankultur hukum dengan mempertimbangkan aspekfilosofis, normative, dankemaslahatan.
DiakhirUjian Terbuka tersebut, Ketua Sidang menyampaikan bahwa Drs. Abdul Ghofur, S.H, MH dinyatakan lulus berpredikat “sangatmemuaskan“ dengan IPK 3,67.Spontan saja beliau sujud syukur sebagai ungkapan syukur atas kelancaran dan keberhasilannya menyelesaikan pendidikan S3 hingga kini bergelar Doktor atau lengkapnyaDr. Abdul Ghofur, S.H, MH.Prestasi yang sangat membanggakan bagi beliau beserta istri tercinta dan sekaligus bagi keluarga besar institusi yang dipimpin, Pengadilan Agama Pemalang kelas IA. Selamat ya Pak Ketua, eh Pak Doktor HajiAbdul Ghofur, S.H, MH.Semoga ilmunya bermanfaat dan barokah,amiiin. Alys

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pemalang

Jl.Sulawesi No.18 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang

Tlp:(0284)324567 | Fax:(0284)321178

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright© 2019 IT Pengadilan Agama Pemalang by adiwskt212/AAD2019
Jl.Sulawesi No.18 Kabupaten Pemalang Kode Pos 52313 Jawa Tengah
Telp (0284)324567 Fax. (0284) 321178