Seputar Peradilan

PENANDATANGANAN FAKTA INTEGRITAS

        Segenap jajaran PA Pemalang dari level Pimpinan sampai pejabat struktural / fungsional dan   staf berkomitmen bersama dengan menunjukkan itikad baik untuk bertanggungjawab dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan pada kesempatan Apel hari senin 14 Januari 2019 .Pembacaan dan penandatangan pakta integritas dipimpin oleh Panitera ,H.Fakhrur,SHI yang juga bertindak sebagai pembina apel dengan disaksikan langsung oleh Ketua PA Pemalang, Drs.H.Abdul Ghofur,SH.,MH.

       Dalam sambutannya, H.Fakhrur,SHI menyatakan bahwa Integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukan kesetiaan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran. Sedangkan pakta merupakan bentuk perjanjian. Sehingga dapat kita sebut bahwa pakta integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku. Dokumen tertulis inilah yang digunakan oleh institusi pengadilan / pemerintah dalam rangka mencegah terjadinya tidakan korupsi.

         Lebih lanjut beliau menjelaskan, penerapan penandatanganan perjanjian ini dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu dokumen tersebut merupakan wujud penyelenggraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik.

Tujuan dari dilaksanakannya penandatanganan pakta integrits adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi; menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.

         Sementara di kesempatan lain pada rapat dinas , Ketua PA Pemalang ,Drs.H.Abdul Ghofur,SH.,MH.,juga meminta kepada semua jajaran Pengadilan Agama Pemalang untuk bertekad dengan sungguh-sungguh konsisten dan penuh kesadaran melaksanakan pakta integritas yang telah dibaca dan ditandatangani bersama tersebut , sehingga mampu menyuguhkan pelayanan prima dan memuaskan kepada masyarakat pencari keadilan maupun pihak lain yang berkepentingan baik perorangan atau lembaga.

         Dalam apel rutin senin ini, oleh Ketua PA Pemalang juga diserahkan reward kepada 3 orang pegawai roll model yang ditentukan berdasarkan polling yang diikuti semua hakim dan pegawai yaitu Drs.Imam Ghozi,M.Hum dari hakim, Agung Wibowo,S.Kom dari ASN dan Nicke Astriana Dewi selaku model dari PPNPN.

           Tentunya penandatangan sebuah dokumen ini tidak dapat bisa serta merta merubah sebuah institusi menjadi lebih bersih dan berwibawa jika tidak disertai dengan integritas itu sendiri. Semoga sukses i’tikad mulia ini, aamiiin.(Aly,s)

fot1