Seputar Peradilan

WISUDA PURNA BHAKTI HAKIM

PENGADILAN AGAMA PEMALANG

1

Pagi itu Jumat, 3 Agustus 2018, pukul 09:00 WIB di Pengadilan Agama Pemalang terlihat suasana yang berbeda dari hari-hari biasanya, ada nuansa glamour tapi penuh khidmat. Terhampar karpet merah bertaburkan bunga melati segar menuju ruang sidang utamadan dibalik busana yang rapi-elegant tergambar kesahduan yang mendalam pada raut muka segenap warga pengadilan dan para tamu yang hadir. Yah,karena saat itu dilaksanakan Wisuda Purna Bhakti bagi H.Ma’asyi, S.H., M.H, hakim yang telah memasuki masa purna tugas (pensiun) per- 1 Agustus 2018 setelah 31 tahun 4 bulan malang melintang mengabdikan dirinya sebagai aparatur Negara bidang yustisia .

Wisuda purna bhakti hakim merupakansaat yang didambakan oleh seluruh pejabat yang telah dengan selamat mengakhiri masa purna bhakti, atas keberhasilan dalam melaksanakan tugas dengan baik selama menjabat sebagai Hakim Pengadilan Agama di Lingkungan Mahkamah Agung yangmengakhiri masa bhakti ini dengan Happy ending dan tanpa halangan sesuatu apapun.Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi,penghormatan dan penghargaan atas pengabdian sebagai Hakim Pengadilan Agama dalam menjalankan tugas sebagai pejabat di lingkunganMahkamah Agung juga semacam ritual ceremonial simbol melepaskan jabatannya sebagai hakim dan pejabat Negara.

2

Acara wisuda purna bhakti ini dihadiri Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, dan sejumlah pejabat di lingkunganPengadilan Agama Pemalang beserta isteri / suami, serta honorer Pengadilan Agama Pemalang beserta isteri.

3

Rangkaian prosesi wisuda purna bhakti diawali dengan kirab Wisudawan beserta Istri memasuki ruang sidang utama melewati   barisan para hakim berpakaian toga atribut lengkap dengan diiringi lagu “ Bagimu Negeri”. Sesampai wisudawan di ruang sidang utama diikuti para hakim yang membentuk pagar betis setengah lingkaran menghadap wisudawan , disusul Ketua dan Wakil Ketua memasuki   ruang acara dilanjutkan dengan menyanyikan laguIndonesia Raya. Selanjutnyadibacakan riwayat pekerjaan wisudawan dan Surat Keputusan Presiden RI.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan tanda jabatan secara simbolis dengan melepas dasi putih hakim wisudawan oleh Ketua PA Pemalang,Drs.H.Abdul Ghofur,SH.,MH, ditukar dengan kalungan bunga . Sedangkan terhadap istri Wisudawan diberikan buket( bunga tangan) oleh Dra.Hj.Siti Nurtifah Abdul Ghofur, Ketua Dharmayukti karini cabang Pemalang. Selanjutnya sesi foto bersama , wisudawan dengan Ketua ,Wakil Ketua , para hakim maupun pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan.

Acara prosesi wisuda purna bhakti diakhiri kirab wisudawan dengan diapit Ketua (Drs.H.Abdul Ghofur,SH.,MH) dan Wakil Ketua (Drs.H.Syu’aib,MH), diikuti istri Wisudawan didampingi Ketua (Dra.Hj.Siti Nurtifah Abdul Ghofur) dan Wakil Ketua (Hj.Yuyun Yuningsih Syu’aib,S.Ag ) Dharmayukti Karini Cabang Pemalang dan para hakim keluar ruang acara menuju ruang ganti busana dengan iringan lagu “ Syukur”.

 

Setelah upacara wisuda purna bhakti selesai, dilanjutkan dengan acara perpisahan dan ramah tamah.Dalam kesempatan ramah tamah, Drs.H.Maksum,MH selaku perwakilan keluarga besar PA Pemalang, menyampaikan pesan/kesan bahwa H.Ma’asyi,SH.,MH merupakan sosok aparatur negara yang disiplin dan menjadi panutan / tutor sebaya bagi hakim yang lain ,khususnya di bidang IT.

H.Ma’asyi, S.H., M.H, menyampaikan terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan, kerja sama yang baik dari semua pihak terutama dari pimpinan dan sesama rekan hakim maupun segenap pegawai Pengadilan Agama Pemalang. “Saya meminta maaf kepada semua pihak apabila dalam menjalankan tugas ada melakukan kesalahan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Drs.H.Abdul Ghofur,SH.,MH, mengapresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian beliau yang disertai dengan tanggung jawab dan integritas yang tinggi sehingga Pak Ma’asyi tidak memiliki caatatan negative sedikitpun, apalagi sampai diperiksa oleh Komisi Yudisial atau Badan Pengawasan Mahkamah Agung. Bahkan sekalipun di usianya yang terbilang sepuh, tapi beliau senantiasa menunjukkan semangat kerja yang bagus dan energik.Diharapkan , kata Ketua, setelah pensiun hendaknya Pak Ma’asyi bisa berkiprah di lingkungan masyarakatnya terutama tranformasi ilmu maupun pengalaman serta aktif mengisi pengajian di majlis ta’lim dan masjid.

4

Di tempat terpisah, Wakil Ketua PA Pemalang,Drs.H.Syu’aib,MHmenyatakan salut terhadap Pak Ma’asyi yang sangat antusias ikut berdarah-darah (istilah Pak Wakil) mempersiapkan penilaian dari MA RI pada sertifikasi SAPM di PA Pemalang mei lalu, sekalipun di penghujung akhir masa kerjanya yang tinggal hitungan hari.

Sebagai ungkapan syukur kehadirat Allah SWT atas lancarnya penyelenggaran Wisuda Purna bhakti, dipanjatkan do’a oleh Drs.H.Abd.Salam,MH dan dilanjutkan musafahah , foto bareng serta makan bersama. Dan rasanya masih kurang bagi keluarga besar PA Pemalang melepas Pak Ma’asyi memasuki masa pensiun kalau sekedar hanya lewat acara ceremonial wisuda purna bhakti, maka disempurnakan dengan beramai-ramai mengantar   ke kediaman beliau.Smoga senantiasa sehat dan bahagia bersama keluarga,amiin.(aly’s)

No                          Format Gugatan
E-Document
 1  Format Cerai Thalak    View Document
 2  Format Cerai Gugat    View Document
 3  Format Cerai Gugat Hadhanah    View Document
 4  Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair    View Document
 5      View Document
 6
 7