Seputar Peradilan

PA PEMALANG BUKA DAN MULAI SIDANG DI LUAR GEDUNG

TAHUN ANGGARAN 2018

1

(pa.pemalang.go.id/12/01/2018) Pengadilan Agama Pemalang membuka dan memulai masa persidangan di luar gedung atau sidang keliling untuk Tahun Anggaran 2018 pada hari Jum’at, pukul 09.00 WIB pada tanggal 09 Pebruari 2018, di Aula Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Acara Pembukaan tersebut dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Pemalang Drs. H. Abdul Ghofur, SH, MH yang didampingi Sekretaris Kecamatan Belik, Kepala Kepolisian Resort Belik, Komandan Rayon Militer Kecamatan Belik dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang serta Majelis Hakim serta bagian kepaniteraan dan kesekretariatan Pengadilan Agama Pemalang, dengan dihadiri oleh para pihak yang menggunakan layanan sidang diluar gedung. Masa persidangan melalui Sidang di Luar Gedung Pengadilan Agama Pemalang untuk tahun 2018 ini meliputi Wilayah Kecamatan Belik, Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang dimulai bulan Pebruari ini dan akan berakhir pada bulan Nopember 2018.

Dalam sambutan pembukaannya Ketua Pengadilan Agama Pemalang, Drs. H. Abdul Ghofur, SH, MH menjelaskan bahwa Layanan Sidang di luar gedung Pengadilan Agama Pemalang dimaksudkan untuk memudahkan para pencari keadilan yang ingin menyelesaikan persoalan hukumnya melalui Pengadilan Agama Pemalang yang terkendala jauhnya jarak dan kesulitan pembiayaan apabila harus dilakukan di Kantor Pengadilan Agama Pemalang yang lokasinya di Kecamatan Pemalang. Program ini berdasarkan DIPA tahun 2018 akan diselesaikan sampai akhir bulan Nopember tahun 2018, yang telah tersusun dan terjadwal sedemikian rupa sehingga memudahkan mereka yang ingin menggunakan layanan ini. Selanjutnya beliau mengharapkan kepada Petugas dari Pengadilan Agama Pemalang untuk bersungguh-sungguh memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan, kepada para aparat di Kecamatan dan Desa agar terus menginformasikan kepada masyarakatanya tentang adanya layanan ini agar dapat menggunakan progran layanan ini dengan sebaik-baiknya. Ucapan terima kasih kepada Bapak Camat Kecamatan Belik sebagai tuan rumah pelaksanaan sidang di luar gedung yang telah turut menyukseskan acara ini.

Sementara Ketua Majelis Hakim yang bertugas tahun ini Drs. H. Qomaru Zaman, MH kepada reporter pa.pemalang.go.id mengatakan bahwa ia dan anggota Majelis Hakim lainnya yaitu Drs. H Maksum, SH, MH dan Drs. H Abd Salam sebagai Hakim Anggota serta Wina Ulfah, SHI selaku Panitera Pengganti, siap melaksanakan tugas dan program layanan ini dengan sebaik-baiknya dan akan memberikan pelyanan yang terbaik untuk masyarakat. Beliau selanjutnya berharap agar progran layanan ini dapat digunakan masyarakat pencari keadilan yang ada di Wilayah Belik, Pulosari dan Watukumpul Kabupaten Pemalang dengan sebaik-baiknya.  

Sekretaris Kecamatan Belik yang berhasil diwawancarai oleh reporter pa.pemalang.go.id mengatakan ucapan terima kasih atas program layanan sidang diluar gedung Pengadilan Agama Pemalang yang memilih wilayah Kecamatan Belik sebagai lokasinya, karena masyarakat kami memang jauh dari wilayah pusat kota, sehingga program ini sangat membantu masyarakat kami.

Salah seorang petugas layanan sidang diluar gedung Pengadilan Agama Pemalang untuk tahun 2018 ini Slamet, S.Ag, MH, menyampaikan kesannya melaksanakan tugas ini kepada reporter pa.pemalang.go.id layanan sidang diluar gedung ini seperti penyegaran pelaksanaan tugas dari rutinitas sehari-hari di dalam kantor Pengadilan Agama Pemalang. Sekaligus upaya mendekatkan layanan Pengadilan Agama kepada masyarakat, imbuhnya. (mira kd)


 

No                          Format Gugatan
E-Document
 1  Format Cerai Thalak    View Document
 2  Format Cerai Gugat    View Document
 3  Format Cerai Gugat Hadhanah    View Document
 4  Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair    View Document
 5      View Document
 6
 7