Seputar Peradilan

PA PEMALANG TUAN RUMAH PEMBINAAN DAN SOSIALISASI

SIPP VERSI 3.20 DAN SAPM PENGADILAN AGAMA

SEWILAYAH KOORDINATORAT PEKALONGAN

1

(pa.pemalang.go.id/22/01/2018) Pengadilan Agama Pemalang menjadi panitia dan tuan rumah Acara Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah dan Sosialisasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Versi 3.20 dan Sertifikasi Akriditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama sewilayah Koordinatorat Pekalongan. Acara tersebut diadakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 18-19 Januari 2018 bertempat di Hotel Winner Premier Pemalang, Jalan A. Yani Selatan Nomor 1 – 9 Kabupaten Pemalang. Acara tersebut diikuti oleh 7 Pengadilan Agama yang ada diwilayah Koordinatorat Pekalongan, masing-masing Satuan Kerja mengirimkan Pimpinan dan utusan dari Pengadilan Agama Batang, Kajen, Pekalongan, Brebes, Tegal, Slawi dan Pengadilan Agama Pemalang selaku tuan rumah, dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang, mewakili semua unsur kerja dari masing-masing satuan kerja.

Dalam pembinaannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah DR BAHRUDDIN MUHAMMAD, SH, MH, mengapresiasi dan menyambut baik acara tersebut, bahkan mengatakan Pengadilan Agama se Wilayah Pekalongan ini merupakan wilayah Pengadilan Agama yang pertama merespon hasil dari Rapat Kerja Daerah Pengadilan Agama se-Jawa Tengah yang diadakan seminggu sebelumnya dalam bidang meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat Pencari Keadilan. Selain itu, beliau juga memberikan informasi tentang beberapa hal teknis yustisial sesuai dengan hasil rapat Kamar Agama Mahakamah Agung tahun 2018 sebagai arahan untuk dilaksanakan oleh Parat Pengadilan Agama. Selanjutnya belaiu juga berkenan untuk membuka acara ini dengan resmi.

Sementara itu, Ketua Koordinator Pengadilan Agama sewilayah Koordinatorat Pekalongan, Drs. H Abdul Ghofur, SH, MH, yang juga Ketua Pengadilan Agama Pemalang, dalam sambutannya mengatakan dengan acara ini diharapkan ada kesepakatan semua satuan kerja Pengadilan Agama di Wilayah Koordinatorat Pekalongan siap menerapkan SIPP versi 3.20 dengan semua aplikasi pendukungnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah masing-masing, serta bersiap untuk melaksanakan Sertifikasi Akriditasi Penjaminan Mutu (SAPM) untuk tahun ini. Kesiapan tersebut telah berhasil disepakati sebagaimana disampaikan dalam acara penutupan.

2 3

Sebagai Nara Sumber acara tersebut, panitia telah mengundang dan menghadirkan Bapak drs. HA Heryata Budi Utama dan Saryono, S.Kom masing-masing Panitera dan Staf Pengadilan Agama Pati untuk acara sosialisasi SIPP versi 3.20, dan Bapak Hermansyah, SHI sebagai salah satu anggota Komite SAPM Badilag, untuk memberikan materi tentang SAPM.

Ketua Pelaksana acara tersebut, Drs. H. SYUAIB, SH, MH, yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Pemalang, selesai acara penutupan mengatakan kepada reporter pa.pemalang.go.id, mengucapan terima kasih kepada semua satuan kerja Pengadilan Agama sewilayah Koordinatorar Pekalonga, kepada Ketua PTA Jawa Tengah, dan semua panitia yang telah bersusah payah menyukseskan acara ini. Pada saat yang sama memohon maaf bila ternyata ada dan banyak kekurangan dalam pelaksanaan acara ini. Sekaligus beliau mengharapkan bahwa setelah selesai acara sosialisasi SIPP dan SAPM di Pemlang ini, untuk mendalami dan memperlajari sendiri kedua materi ini, karena dua hari pelaksanaan ini tidak cukup waktu untuk menjelaskannya dengan sempurna. Acara ini agar dijadikan pengantar dan stimulan untuk lebih memperdalam lagi di tempat kerja dan di satuan kerja masing-masing. (mira kd)    

  

No                          Format Gugatan
E-Document
 1  Format Cerai Thalak    View Document
 2  Format Cerai Gugat    View Document
 3  Format Cerai Gugat Hadhanah    View Document
 4  Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair    View Document
 5      View Document
 6
 7