Seputar Peradilan

PELAYANAN SIDANG HARI SENIN PERTAMA
TAHUN 2018 DI PA PEMALANG

1  2

         (pa.pemalang.go.id/12/01/2018) Tanggal 08 Januari 2018, merupakan hari Senin Pertama di tahun 2018 setelah dua Senin sebelumnya libur karena Natal dan Tahun Baru 2018. Pelayanan di Pengadilan Agama Pemalang mengalami penumpukan, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pencari keadilan yang menunggu dan duduk di ruang tunggu sidang, ruang tunggu pendaftaran, ruang tunggu pengambilan prodak Pengadilan Agama Pemalang dan tempat parkir kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.
         Diruang tunggu sidang Pengadilan Agama Pemalang pada hari itu, mengalami penumpukan sehingga tidak mampu menampung pencari keadilan bahkan sampai meluber ke luar gedung Pengadila Agama. Karena hari itu, Senin tanggal 08 Januari 2018, tiga ruang sidang yang disediakan di Kantor Pengadilan Agama Pemalang memeriksa dan mengadili lebih dari 134 perkara. Jumlah tersebut sebagaimana telah disampaikan Panitera Muda Hukum Pengadialn Agama Pemalang, Abdul Mujib, SH kepada reporter pa.pemalang.go.id.         
         Diruang tunggu pendaftaran dan pengambilan produk Pengadilan Agama Pemalang juga mengalami penumpukan, melebihi kapasitas ruang tunggu yang disediakan. Kepada reporter pa.pemalang.go.id, petugas meja I Agus Nurpadil dan petugas meja III Helda, SH mengatakan jumlah pelayanan hari ini hampir 4 kali lipat dari hari biasanya. Selanjutnya mereka mengatakan, kondisi seperti ini biasa terjadi, apabila hari-hari sebelumnya ada libur panjang. Sebagaimana diketahui beberapa hari sebelumnya memang terdapat libur panjang karena Natal dan Tahun Baru.
Demikian juga pantauan reporter pa.pemalang.go.id, ditempat parkir halaman gedung Pengadilan Agama Pemalang. Jalan Sulawesi No 9A Mulyoharjo, Pemalang. Kendaraan yang diparkir, terutama roda 2 tumplek dan mengalamai peningkatan sekitar 4 kali lipat dari hari biasanya. Hal tersebut telah diungkapkan bagian umum Pengadilan Agama Pemalang.

3  4

        Sementara Humas Pengadilan Agama Pemalang, Drs. H Dadang Karim, MH yang juga salah seorang hakim di Pengadilan Agama tersebut mengatakan kepada reporter pa.pemalang.go.id bahwa kejadian seperti ini sering terjadi di Pengadilan Agama Pemalang. Biasanya terjadi karena libur panjang, atau setelah ramadlan. Dan Pengadilan Agama Pemalang telah terlatih untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Jadi tidak akan menjadi beban. Oleh krenanya, pada kesempatan itu pula Pengadilan Agama Pemalang tetap dengan prima melayani masyarakat. Apalagi pelayanan sekarang ini sudah diterapkan sistem antrian, sehingga akan terlayani semuanya. (mira kd)

No                          Format Gugatan
E-Document
 1  Format Cerai Thalak    View Document
 2  Format Cerai Gugat    View Document
 3  Format Cerai Gugat Hadhanah    View Document
 4  Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair    View Document
 5      View Document
 6
 7